Senin, 31 Mei 2010

Perdagangan dan Industri

Sektor perdagangan merupakan salah satu sektor yang sangat penting di Kabupaten Pinrang. Hal ini bisa dilihat dari besarnya kontribusi yang diberikan sektor ini terhadap pembentukan PDRB Kabupaten Pinrang. Tahun 2005, sektor ini memberikan kontribusi sebesar 11.58%, dan pada tahun 2006 memberikan kontribusi sebesar 12.03%, nomor 2 (dua) terbesar setelah sektor pertanian.

Sektor industri dibedakan atas industri besar, sedang, kecil dan rumah tangga. Data mengenai industri besar dan sedang tersedia setiap tahun yang dilakukan dengan cara SENSUS lengkap. Sedangkan data industri kecil dan rumah tangga bersumber dari data sekunder dan instansi perindustrian & perdagangan. Pada tahun 2006 jumlah perusahaan di Kabupaten Pinrang sebanyak 1099 usaha dengan 3813 tenaga kerja.

Sektor industri adalah merupakan salah satu sektor yang sangat terbuka bagi para investor baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri mengingat bahan baku ( raw material ) atau faktor pendukung lainnya sangat melimpah di daerah ini dan Pemerintah Daerah sangat merespon apabila ada pemodal ( Investor ) mau menanamkan modal di sektor ini. Jumlah perusahaan industri yang tercatat di Kabupaten Pinrang tahun 2005 adalah 2.412 unit usaha dengan jumlah tenaga kerja 7.475 jiwa.

Besarnya nilai investasi serta bahan baku penolong yang terserap dari perusahaan tersebut sebanyak Rp. 11.078.842. Dari jenis industri yang terbesar adalah industri logam dan kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar