Senin, 31 Mei 2010

Pengembangan Wilayah

Dari berbagai sumber daya yang dimiliki namun tidak bisa dipungkiri bahwa berdasarkan hasil penelitian Pemetaan Desa Miskin Berbasis Geografical Informasi Sistim ( G I S ) menunjukkan bahwa dari 104 Desa / Kelurahan yang diteliti melalui pengukuran terhadap beberapa indikator yang ditetapkan maka disimpulkan :

  1. Jumlah Desa / Kelurahan Miskin yang terdapat di Kabupaten Pinrang adalah sebanyak 36 Desa / Kelurahan yang tersebar pada 10 Kecamatan
  2. Jumlah Desa / Kelurahan Berkembang yang terdapat di Kabupaten Pinrang adalah sebanyak 53 Desa / Kelurahan yang tersebar pada semua Kecamatan.
  3. Jumlah Desa / Kelurahan Maju sebagai pusat-pusat pertumbuhan dan perdagangan yang ada di Kabupaten Pinrang adalah sebanyak 15 Kelurahan yang tersebar pada 7 Kecamatan.
  4. Penyebab kemiskinan dari desa / kelurahan yang tergolong dalam kategori miskin dipengarui oleh beberapa faktor yaitu :
  5. Rendahnya nilai saving cost dari masyarakat yang berimplikasi terhadap menurunnya daya beli masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersiernya.
  6. Rendahnya kemampuan desa untuk mengeksplorasi dan mengelola potensi sumber daya alam di daerahnya.
  7. Minimnya fasilitas sarana dan prasarana infrastruktur yang tersedia yang tidak seimbang dengan tingkat kebutuhan masyarakat desa/kelurahan
  8. Rendahnya kualitas sumberdaya manusia yang terdapat di desa sehingga berpengaruh terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.
  9. Masih minimnya sarana dan prasaran yang diperlukan guna mendukung perekonomian desa, seperti sarana komunikasi, informasi dan transportasi terutama untuk kepentingan pemasaran potensi dan produk desa
  10. Kurangnya lembaga perekonomian desa yang dapat mendukung aktifitas kegiatan dalam berusaha sehingga kekurangan modal yang merupakan faktor esensial bagi masyarakat dalam rangka pengembangan usaha menjadi terbatas.
Untuk mengantisipasi agar desa/kelurahan yang tergolong dalam kategori miskin diperlukan langkah-langkah yang bersifat prepentif sebagai berikut :
  1. Melakukan peningkatan kemampuan sumberdaya manusia yang dimiliki oleh desa/kelurahan baik masyarakat maupun aparat pemerintahan desa guna mengoptimalisasi potensi sumber daya alam yang dimiliki masing masing desa/kelurahan sehingga nantinya dapat menjadi desa/kelurahan yang mandiri.
  2. Menyediakan/menyiapkan sarana dan prasarana infrastruktur pendidikan yang memadai guna mendukung penciptaan tenaga kerja yang berkualitas sehingga memiliki daya saing yang tinggi.
  3. Menyediakan/menyiapkan sarana dan prasarana infrastruktur kesehatan yang representatif sehingga tingkat kesehatan masyarakat dapat lebih terjamin.
  4. Menyediakan/menyiapkan sarana dan prasarana infrastruktur jalan yang memadai guna mendukung kelancaran aksesbilitas barang dan jasa.
  5. Menyediakan/menyiapkan lembaga lembaga ekonomi yang memadai dalam membantu keterbatasan modal guna mendukung peningkatan volume produksi pada semua sektor usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar